Banyumas, fatayatnujateng.com (sumber: NU Online)

Ratusan pemuda dan pemudi dari berbagai wilayah se-Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah berkumpul di lapangan Desa Sawangan, Kecamatan Ajibarang, Jumat (17/3) sore. Mereka sedang mengikuti prosesi acara pembukaan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan Fatayat Serbaguna (Fatser).

Diklatsar Banser dan Fatser yang diadakan oleh Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Ajibarang tersebut dibuka Kasatkorcab Banser Kabupaten Banyumas Slamet Ibnu Ansori. “Bagi kader Ansor yang kepengin menjadi Banser, wajib hukumnya mengikuti Diklatsar,” kata Slamet.

Slamet juga mengatakan, tujuan dari Diklatsar adalah meyiapkan kader ansor yang militan dan tangguh. “Diklatsar adalah pendidikan internal ansor untuk membuat kader banser yang militan, yang teguh dan berkomitemen untuk menjaga NKRI juga berprinsip Ahlusunan wal Jama’ah,” lanjut wakil ketua DPRD Kabupaten Banyumas itu.

Syafi’ngi, Ketua GP Ansor Kecamatan Ajibarang, menyebutkan bahwa sebanyak 236 peserta ikut Diklatsar kali ini. Peserta juga berasal dari sejumlah kecamatan lain. “Peserta bukan hanya dari Ajibarang, dari luar Ajibarang juga banyak yang ikut, dari Cilongok, Sumbang, Wangon,” Katanya ketika diwawancarai.

Selain ratusan peserta yang akan mengikuti Diklatsar, dalam kesempatan itu hadir juga Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Ajibarang, pejabat kecamatan setempat, pengurus PC GP Ansor Kabupaten Banyumas, serta kepala desa Sawangan. (Kifayatul Ahyar/Mahbib)