Purbalingga, NU Online

Sejumlah ikhtiar dilakukan Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat Nahdlatul Ulama Jawa Tengah agar struktur kepengurusan berjalan sesuai harapan. Koordinasi daerah atau Korda yang meliputi kepengurusan di tingkat karesidenan dilakukan secara rutin.

“Koordinasi daerah atau Korda kali ini dilakukan untuk kawasan Karesidenan Banyumas,” kata Tazkiyyatul Muthmainnah, Ahad (9/9).

Menurut Ketua PW Fatayat NU Jateng ini, kegiatan Korda dihadiri empat Pimpinan Cabang yang meliputi  Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara dan Cilacap.

Dalam penjelasannya, Korda merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan demi memastikan kinerja di tingkat kepengurusan kota dan kabupaten berjalan sesuai agenda. “Ini forum rutin tiga bulan sekali yang dilakukan PW Fatayat NU Jateng yang dibagi menjadi enam karesidenan,” jelasnya.

“Forum Korda ini menjadi ajang koordinasi, evaluasi, sharing program, juga sinergi antara pimpinan cabang maupun dengan Pimpinan Wilayah Fatayat NU,” ungkapnya.

Pada kegiatan ini juga dapat dipantau laporan yang disampaikan setiap PC Fatayat NU. Dan yang menjadi fokus garapan Fatayat NU Korda Banyumas adalah tentang penguatan struktur yaitu pendirian Pimpinan Anak Cabang, Pimpinan Ranting atau Pimpinan Anak Ranting Fatayat NU yang belum terbentuk. “Termasuk kepengurusan yang vakum,” katanya.

Tidak semata membincang persoalan organisasi, Korda juga membahas masalah lain yang ada hubungannya dengan khidmat Fatayat NU. “Seperti terkait pengkaderan serta dakwah di masyarakat,” sergahnya.

Korda juga dimanfaatkan dengan penambahan materi. “Saat kegiatan Korda di karesidenan ini disampaikan juga materi tentang bijak mengelola keuangan keluarga,” tandas Iin, sapaan akrabnya. (Ibnu Nawawi)